9 Khasiat Jahe Yang Jarang Diketahui

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM- Jahe merupakan salah satu tanaman yang masuk kategori rempah-rempah dan biasa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Dalam bahasa Sansekerta, jahe dinamakan Singibera yang artinya berbentuk tanduk. Jika dilihat, tanaman rimpang ini bentuknya ada yang merupai tanduk. 

Nah terlepas dari bentuknya, yuk bahas manfaat apa saja yang didapatkan dari jahe untuk kesehatan? Berikut penjelasannya seperti dikutip laman Lifehack

>1. Jaga Sirkulasi Darah

Jahe mengandung kromium, magnesium dan seng yang dapat membantu memperlancar aliran darah, serta membantu mencegah masuk angin, demam, dan keringat berlebih.

2. Mengtasi Mual

Jahe dikenal sebagai obat efektif untuk mual yang berhubungan dengan mabuk perjalanan. Meski alasan pastinya belum pasti, namun dalam sebuah penelitian terhadap angkatan laut, mereka yang diberikan bubuk jaher mengaku rasa mual yang dirasakan lebih berkurang. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi mual di pagi hari bagi wanita hamil, dengan tingkat keberhasilan 75 persen.

3. Bantu Penyerapan

Jahe meningkatkan penyerapan dan stimulasi nutrisi penting dalam tubuh. Ini dilakukan dengan merangsang sekresi enzim lambung dan pankreas.

4. Cegah Pilek dan Flu

Jahe telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk pilek dan flu di seluruh Asia. The University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa untuk mengobati pilek dan flu gejala pada orang dewasa, gunakan 2 sendok makan jahe yang sudah diparut dan dicampurkan ke air panas. Minum dua sampai tiga kali sehari. 

5. Bantu Pencernaan

Jahe sangat ideal untuk membantu pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan makanan dan menghindari kemungkinan sakit perut. Jahe tampaknya mengurangi peradangan dengan cara yang mirip dengan aspirin dan ibu profen.

6. Cegah Kanker Usus

Sebuah penelitian di University of Minnesota menemukan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal.

7. Kurangi Nyeri Peradangan

Jahe mengandung beberapa zat anti-inflamasi paling ampuh yang diketahui dan merupakan obat penghilang rasa sakit alami yang kuat.

8. Lawan Masalah Umum Pernapasan

Jika kamu menderita penyakit pernapasan umum seperti batuk, jahe dapat membantu melebarkan paru-paru dan melonggarkan dahak. Yup, jahe merupakan ekspektoran alami yang memecah lendir agar lebih mudah dikeluarkan. Dengan begitu Anda dapat dengan cepat pulih dari kesulitan bernapas.

9. Perkuat Imun

Jahe membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sedikit jahe sehari dapat membantu menggagalkan potensi risiko stroke dengan cara menghambat timbunan lemak dari arteri. Ini juga mengurangi infeksi bakteri di perut, dan membantu melawan batuk yang parah dan iritasi tenggorokan.

Nah dari sekian banyak manfaat jahe bagi kesehatan, sekarang hadir produk yang memiliki kandungan jahe dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Juga menangkal infeksi bakteri dan virus, serta mengurangi radang atau anti inflamasi. 



Tags
SHARE

TERPOPULER

RAGAM