SHARE

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Ditpsmp)

CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan siap untuk divaksin COVID-19 bersama dengan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Rencananya besok dilaksanakan. Saya siap divaksin pertama di Sumbar," katanya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 karena itu pelaksanaannya harus didukung bersama. Vaksin Sinovac yang akan disuntikkan itu juga telah mendapatkan label halal dari MUI sehingga masyarakat tidak perlu ragu. Meski demikian untuk divaksin ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya tidak sedang menderita sakit atau ada penyakit bawaan yang mungkin akan berbahaya. Karena itu sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, perlu dilakukan pengecekan kesehatan di Rumah Sakit.

"Di cek dulu kondisinya. Kalau memungkinkan baru divaksin," katanya.

Sementara itu juru bicara satgas COVID-19 Sumbar, Jasman mengatakan pelaksanaan vaksinasi rencananya dilakukan di Puskesmas Padang Pasir, Padang. Namun menimbang kemungkinan akan terjadi kerumunan, maka dialihkan ke aula kantor gubernur.

"Rencananya vaksinasi untuk gubernur, Forkopimda sejumlah tenaga kesehatan dan juru bicara Satgas COVID-19," ujarnya.

Vaksinasi akan dilanjutkan pada 15 Januari 2021 untuk bupati, wali kota, tenaga kesehatan di daerah serta juru bicara COVID-19.