Delapan Kiat Merawat Mobil Dari Rumah, Nomor Tiga Suka Diremehkan

SHARE

Perawatan mobil di rumah.

CARAPANDANG.COM - Sama seperti tubuh, mobil pun butuh untuk dirawat secara berkala agar performanya tetap baik dan nyaman saat dikendarai.

Berikut kiat untuk merawat mobil yang mungkin jarang dibawa ke bengkel selama pandemi menurut siaran pers  Carsome dikutip Minggu:

Perhatikan kebersihan interior
Selain diselimuti debu dan kotoran, mobil yang terparkir lama di garasi juga memungkinkan untuk dihinggapi binatang seperti semut, serangga dan kecoa.

Maka, ketika membersihkan mobil diperhatikan juga kebersihan interiornya dengan cara menyedot debu dari jok dan karpet, lap bagian dashboard dan mengelap bagian door trim dengan kain yang lembut.

Jika dibersihkan secara berkala, interior mobil pun akan terbebas dari sebu, kotoran, binatang dan bau yang tak sedap. Jangan lupa juga untuk memakai penyegar udara agar mobil tetap harum.

Kaca mobil berdebu bisa terkena jamur
Debu yang menempel pada kaca mobil yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada permukaan kaca mobil.

Oleh karena itu, membersihkan kaca mobil secara berkala penting untuk kebersihan mobil. Membersihkan kaca mobil pun tidak boleh sembarangan, harus menggunakan sabun khusus dan lap yang lembut agar tidak merusak permukaan kaca.

Selain kaca mobil, wiper juga harus dibersihkan secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

Memanaskan mobil
Memanaskan mobil merupakan hal yang penting tapi sering terlewatkan. Mesin dalam mobil yang terparkir lama cenderung menjadi aus karena oli tidak melumasi komponennya dengan baik.

Dalam jangka panjang, mobil yang tidak dipanaskan akan mengakibatkan kebocoran kompresi dan berlanjut kepada overheating. Untuk itu Anda sebaiknya memanaskan mobil, setidaknya sekali dalam seminggu untuk menghindari kendala khususnya kompresi yang bocor.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM