Dosen FEB UHAMKA Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik

SHARE

Dok FEB Uhamka

CARAPANDANG.COM -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHAMKA dan LPPM UHAMKA bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Aisiyah Karang Bahagia menggelar Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik secara daring pada Senin (19/07).  

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan usaha kepada PC. Aisiyah Karang Bahagia. Keterampilan ini sangat diperlukan, apalagi situasi saat ini, Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19  keterpurukan ekonomi rakyat nyaris menjadi keniscayaan. Jika tak pandai mencari celah membangun kesejahteraan maka rakyat lah yang paling menderita.

Dekan FEB UHAMKA, Zulpahmi menyatakan sangat berterimakasih atas kerjasama yang baik sehingga kegiatan pelatihan  ini berjalan dengan lancar.  Meskipun dilakukan secara virtual  melalui zoom meeting, tapi pesan-pesan selama pelatihan ini bisa diserap  oleh peserta.

"Kami sangat berbahagia dengan kegiatan ini dimana media tanam hidroponik menjadi bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan. Apalagi banyak lahan pekarangan yang ngangur bisa dimanfaatkan,"ujarnya.

Sementara itu Dosen FEB UHAMKA, Diah Ayu Legowati menjelaskan program ini disebut dengan inovasi ketahanan pangan keluarga yang dilakukan di Pimpinan Cabang Aisiyah Karang Bahagia Kabupaten Bekasi.

Menurutnya pelatihan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Dan ini diharapkan bisa menjadi hiburan alternatif di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, saat pandemi bisa jadi alternatif hiburan. Apalagi bisa bercocok tanam budidaya tanaman sayuran secara Hidroponik di lahan terbatas," jelasnya.

Wakil Dekan 3 FEB UHAMKA, Edi Setiawan mengatakan untuk media tanam akan dilakukan evaluasi dari pra tanam dan pasca tanam sehingga bisa dimonitoring pelaksanaan panen  bagi peningkatan usaha warga.

"Ini bahan membuat hidroponik akan segera dilakukan cocok tanah dengan paket bahan hidropinik yang utuh untuk mendukung kegiatan ini sehingga warga dapat menikmati hasil panen dalam rangka pemenuhan kebutuhan sayur mayur," tandas Edi.

Makanya, lanjut Edi, hasil panen pertama baik sayur akan diberikan kepada warga yang ikut bercocok tanam. Terutama saat ini untuk warga dan jamaah masjid yang membutuhkan pangan dapur.

Senada dengan pemateri, Ketua Pimpinan Cabang Aisiyah Karang Bahagia, Atikah sangat berterimakasih atas kegiatan kegiatan ini.  

Atikah mengatakan bahwa pihaknya sangat terbantu dari pelatihan menaman sayuran sistem hiroponik di sekitar lingkungannya.

Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan lahan dengan hal positif dan edukatif serta dapat dinikmati bersama oleh para warga setempat.



Tags
SHARE

TERPOPULER

RAGAM