Dosen: Program Merdeka Belajar Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM – Dosen STIKes Muhammadiyah Tegal, Hendra Apriyadi memberikan apresiasi atas kerja nyata yang sudah dilakukan oleh  Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hendra mengatakan dalam situasi pandemi Covid-19, Mas Menteri telah membuat kebijakan-kebijakan yang tepat sehingga proses pembelajaran bisa tetap berjalan dengan baik. 

“Misalnya kebijakan bantuan kuota internet. Ini sangat bermanfaat untuk kegiatan aktivitas pembelajaran,” kata Handra kepada redaksi di Tegal, Kamis (18/11).

Dia menilai program Merdeka Belajar  yang sedang dijalankan oleh Mas Menteri bisa mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia.

“Patut diapresiasi capaian program Kemendibud-Ristek Merdeka Belajar episode 6 menekankan pada transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi; episode 7: Sekolah Penggerak; episode 8: SMK Pusat Keunggulan; episode 9: Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka; episode 10: Perluasan program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP); episode 11: Kampus Merdeka Vokasi, episode 12: Sekolah Aman Berbelanja bersama SipLah, dan episode 13: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana,”jelasnya.

Dia  juga memberikan apresiasi atas kerja Mas Menteri dalam menangani pendidikan dalam situasi pandemi Covid-19.

Kemendikbud-Ristek telah memberikan berbagai bantuan penanganan pandemi yang telah digulirkan sejak awal wabah Covid-19 melanda, seperti bantuan kuota data internet untuk seluruh pendidik dan pelajar.


“Sebanyak 26,6 juta penerima bantuan kuota data internet dari jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi diringankan beban ekonominya dan ditunjang pembelajarannya, baik yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, maupun yang masih belajar jarak jauh,” jelasnya.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM