DPR: Tindak Lanjuti Usulan Stimulus Untuk Operator Bandara

SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat menginginkan pemerintah dapat segera menindaklanjuti usulan pemberian stimulus untuk operator bandara dalam rangka menggairahkan kembali sektor penerbangan di Tanah Air.

"Dengan kebijakan yang terukur, Pemerintah harus menjamin industri penerbangan di Indonesia segera pulih dan bangkit," kata Toriq Hidayat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Ia mengingatkan bahwa Kemenko Perkonomian belum menindaklanjuti usulan Kementerian Perhubungan tentang stimulus untuk operator bandara 2021 yang meliputi PJP2U, subsidi biaya kalibrasi dan penangguhan atau angsuran pembayaran PNBP.

Tentang hal itu, Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat menyebutkan bahwa akhir tahun lalu Pemerintah telah memberikan stimulus untuk operator bandara. Dengan menggratiskan passenger service charge (PSC) atau tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) di 13 bandara.

"Periode Oktober hingga Desember 2020 Pemerintah menggratiskan PJP2U di bandara untuk menurunkan harga tiket. Pengaruhnya, industri penerbangan nasional yang terdampak COVID-19, kembali bergairah," sebut Toriq.

Toriq memperkirakan bahwa kebijakan PPKM yang tak terukur menjadi penyebab usulan pemberian stimulus belum ditindaklanjuti.

Selain itu, ia berpendapat bahwa pembatasan yang terus diperpanjang setiap pekan hanya membuat bingung pelaku ekonomi, karena tidak ada kepastian.
 

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM