Guru, Sang Penentu Masa Depan

SHARE

Ilustrasi guru mengajar

CARAPANDANG.COM – Oleh: Amir Fiqi, Wartawan dan Pemerhati Sosial

Guru memiliki peran sangat penting dalam menentukan masa depan sebuah bangsa. Maju atau mundurnya masa depan sebuah bangsa ditentukan kualitas guru pada saat ini.

Belajar dari sejarah bangsa Jepang, saat  kota Hiroshima dan Nagasaki hancur lebur dibom oleh Amerika Serikat dan sekutu  pada penghujung Perang Dunia II  tahun 1945, yang pertama kali ditanyakan oleh Kaisar Hirohito bukanlah kehancuran kedua kota tersebut, atau berapa jumlah tentara atau jenderal yang tersisa. Tapi yang dia tanyakan adalah berapa jumlah guru yang tersisa.

Menurutnya kehancuran Jepang karena mereka tidak belajar. Tentara dan jenderal boleh jadi kuat dalam senjata dan strategi perang, tapi tidak memiliki pengetahuan mengenai bom yang telah dijatuhkan Amerika.  Kaisar berfikir Jepang tidak akan bisa mengejar Amerika jika tidak belajar.

Selanjutnya Kaisar bergerak cepat mengumpulkan guru yang tersisa di seluruh pelosok Jepang. Dan dia berhasil mengumpulkan sekitar 45.000 guru yang tersisa. Pada saat itu seluruh rakyat Jepang bertumpu kepada guru bukan pada kekuatan pasukan. Dan kehadirian guru pada saat itu menjadi hal krusial bagi seluruh lapisan masyarakat Jepang.

Alhasil, Jepang kembali bangkit dari keterpurukan. Dan seperti diketahui, Jepang hingga saat ini menjadi negara yang diperhitungkan karena kemajuan ilmu dan teknologinya. Dan menjadi negara maju di kawasan Asia, dan dunia.

Pendidikan menjadi kunci

Apa yang terjadi jika pada saat itu Kaisar Hirohito lebih berfikir bagaimana membalas kekalahan atas Amerika Serikat  dan sekutu dengan membangun kembali kekuatan militer Jepang dengan menggerakan jumlah tentara dan jenderal yang tersisa. Bisa dipastikan Jepang semakin hancur lebur dan tak tersisa.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM