Hari Guru; Bergerak Dan Berjuang Bersama

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Oleh: Nabil Syuja Faozan,  Mahasiswa FKK Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hari guru kali sedikit berbeda, perayaannya dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Banyak sekolah yang tidak merayakan karena khawatir dapat menjadi cluster baru dalam penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi, banyak juga sekolah yang merayakannya di sekolah dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Perayaan hari guru merupakan apresiasi dari pemerintah terhadap jasa guru dalam mencerdaskan bangsa. Sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, Pemerintah menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021. 

Pandemi Covid-19 mengajarkan banyak hal kepada kita. Mendidik dan mengasuh anak perlu kesabaran dan konsistensi. Nilai dan perilaku guru dalam mendidik anak patut dicontoh oleh orang tua, perjuangan mereka dalam mendidik dan mengasuh sang buah hati tidak terbalaskan nilainya. Tak hanya itu, nilai keikhlasan dan ketulusan yang diberikan oleh guru harus menjadi penyemangat bangsa dalam menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang hebat dan mampu bersaing dalam hal kebaikan.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM