Hujan Ringan di Sebian Wilayah Ibu Kota Provinsi

SHARE

istimewa


CARAPANDANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan akan mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi pada Senin siang.

Mengutip dari situs resmi BMKG di Jakarta, Ibu Kota Provinsi yang diprakirakan hujan ringan pada siang hari ini yakni Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Mamuju, Kendari, Manado, dan Medan.

Sedangkan wilayah Makassar, Serang, dan Banda Aceh berpotensi hujan sedang pada siang hari.

BMKG memperingatkan masyarakat di wilayah Pontianak, Banjarmasin, dan Pangkal Pinang untuk waspada terjadinya hujan petir pada siang hari ini, sedangkan di wilayah Pekanbaru dan Mamuju pada malam nanti.

Sementara, beberapa wilayah seperti Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Tarakan, Kupang, Kota Jayapura, Pekanbaru, dan Palembang diprakirakan cerah berawan pada siang ini.

Wilayah Jakarta Pusat, Manokwari, dan Padang sebagian besar diprakirakan berawan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto menyampaikan BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Ia mengemukakan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia, di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat. dilansir antaranews.com