Indonesia Makin Cakap Digital

SHARE

Indonesia

CARAPANDANG.COM – Sudah satu tahun lebih pandemi Covid-19 terjadi. Indonesia berjuang membendung segala dampaknya serta melakukan mitigasi.

Bentuk ketangguhan menghadapi pandemi Covid-19 dengan semangat gotong royong dan saling peduli agar pandemi segera berakhir dan Indonesia pulih. Ingat dan menerapkan 3M (menjaga jarak 1,5 meter; mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir; memakai masker) menjadi kebiasaan yang harus terus dilakoni.

Seratus tiga belas tahun lalu, perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Ada pun tema Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2021 yakni “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Pada Harkitnas Tahun 2021 diluncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital”.

Indonesia Makin Cakap Digital

Selama masa pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan berbagai program dalam konteks Merdeka Belajar guna mendukung pembelajaran jarak jauh di antaranya bantuan kuota data internet bagi pendidik dan pelajar serta pengembangan digitalisasi sekolah.

Guna mendukung perkembangan pemanfaatan teknologi pada saat ini, program Merdeka Belajar akan terus dikembangkan khususnya bagi daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) yang masih banyak belum terpapar teknologi. 

Kemendikbudristek akan memastikan tidak hanya terkait pengadaan alat elektronik pada program digitalisasi sekolah ini. Rencananya Kemendikbudristek akan membuat suatu platform di mana para guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih efisien.

Indonesia makin cakap digital juga tercermin dari portal Guru Belajar dan Berbagi (https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/). Guru Belajar dan Berbagi hadir sebagai tempat bertemunya guru-guru hebat dari berbagai bidang di seluruh Indonesia untuk bisa mengikuti ragam seri belajar serta berbagi ragam bentuk pembelajaran.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kemendikbudristek akan menyelenggarakan pameran virtual Hardiknas 2021 pada tanggal 21 s.d. 23 Mei 2021.

Pameran virtual menghadirkan berbagai kebijakan, program, dan capaian Merdeka Belajar dan produk kreasi anak bangsa yang merupakan hasil dari pendidikan Indonesia yang semakin berkualitas. Serta menampilkan berbagai capaian dan prestasi Indonesia dalam hal pemajuan kebudayaan. Ayo, bersiap ke https://pameranhardiknas.com/.



TERPOPULER

RAGAM