KPAI Apresiasi Kadis Pendidikan Kabupaten Lumajang Tangani Kasus Pak Ribut

SHARE

Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti.

CARAPANDANG - Pak Ribut, Santoso seorang guru honorer di salah satu SD Negeri di Kabupaten Lumajang menjadi populer setelah video percakapannya dengan siswanya viral di media social, bahkan video itu,  sampai tanggal 25 Maret 2022 sudah di lihat lebih dari 12,8 juta kali. Video itu berisi percakapan antara pak Ribut dengan siswanya yang terlihat sangat cair.

Para peserta didik tampak sangat nyaman belajar dengan pak Ribut. Sebenarnya, tidak mudah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkankan seperti ditampilan pak Ribut pada banyak videonya yang lain. 

“Sebagai mantan guru dan kepala sekolah, Saya sangat mengapresiasi Pak Guru Ribut yang memiliki pendekatan pembelajaran yang bagus, dekat dengan anak-anak dan sabar melayani pertanyaan anak-anak didiknya. Tampak guru dan siswanya sangat menikmati proses pembelajaran yang ditampilkan pak Ribut”, ujar Retno Listyarti, Komisioner KPAI bidang pendidikan dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (26/3). 

Retno menambahkan bahwa seorang pendidik yang jauh dari kota besar, namun memiliki kreativitas membuat video di youtube, aktif di media social, dan tetap mengajar dengan semangat tinggi adalah sesuatu yang langka.

Menurutnya Pak Ribut mempraktekan merdeka belajar mas Menteri Nadiem dengan pendekatan yang para siswanya tampak nyaman dan bisa bicara ceplas seplos dihadapannya.

"Pak Ribut juga terlihat sangat sabar menanggapi ceplas ceplos siswanya. Bagi saya, pak Ribut sosok guru yang patut diacungi jempol,” imbuhnya.  

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM