Mahasiswa UNPAM Edukasi Masyarakat Manfaatkan Limbah Cangkang Telur

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang (UNPAM) melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok pada 15 Oktober 2021. 

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.00 s/d  11.00 WIB  dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan di Posyandu Lily yang beralamat di Jl. Kesadaran 1 Komplek Pesona Pamulang, Kel.Pondok Peti, Kec. Bojongsari, Depok.

Sebagai dosen pembimbing dalam kegiatan ini adalah Sri Nitta Crissiana W. A.,S.S., M .M dan Ketua Kolompok, Abdul Somad dengan tiga anggota yakni  Animan Shantry Harefa, Santi Seri Wulandari dan Sukma Astuti.

Ketua Kelompok, Abdul Somad mengatakan dalam kegiatan PMKM ini ingin membangun produktivitas dimasa adaptasi kebiasaan baru dengan ekonomi kreatif berupa pemanfaatan limbah rumah tangga seperti cangkang telur agar bernilai seni dan ekonomis.

Dia menjelaskan pemanfaatan limbah cangkang telur di Indonesia salah satunya adalah sebagai hiasan atau kerajinan tangan.

"Cangkang telur yang digunakan sebagai kerajinan mempunyai nilai seni dan nilai jual yang cukup tinggi, dengan tampilan yang menarik, konsumen akan tertarik untuk membeli barang tersebut. Sebagai langkah upaya untuk mengurangi limbah cangkang telur yang ada serta dapat menambah penghasilan dimasa kebiasaan baru," ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan dari kegiatan ini  ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi beberapa bidang kehidupan, seperti contohnya mengembangkan ekonomi produktif/kreatif.   Dalam hal ekonomi kreatif beberapa barang atau produk dapat digunakan misalnya limbah rumah tangga cangkang telur, bagi sebagian orang cangkang telur merupakan limbah yang harus dibuang, namun limbah ini dapat bernilai jika diolah dengan tepat.

"Kebiasaan baru dimasa sekarang ini banyak membuat sebagian orang kehilangan mata pencaharian tidak terkecuali ibu-ibu di PKK Posyandu Lily. Oleh karena itu kami sebagai mahasiswa berupaya untuk memberikan kontribusi membangun kemandirian dan produktivitas masyarakat  dengan membuat hiasan bunga cangkang telur menjadi seni yang menarik dan bernilai ekonomis," jelasnya. 

Dia menjelaskan cangkang telur dapat menjadi hiasan yang menarik, salah satunya yaitu hiasan bunga. Untuk membuat hiasan dinding  harus siapkan beberapa alat dan bahan yaitu cangkang telur, lem lilin, kawat, kuas, cat akrilik, kantong plastik kresek, gunting atau tang dan botol bekas untuk pot bunga. 

"Limbah cangkang telur kemudian diolah menjadi sebuah karya seperti hiasan bunga yang memberikan nilai estetik serta bernilai ekonomis jika dipasarkan, praktek ini dilakukan bersama-sama dengan ibu-ibu Posyandu Lily," katanya. 



Tags
SHARE

TERPOPULER

RAGAM