Mahasiswa Unpam Edukasi Siswa MTSS Nurul Falah Abdul Aziz Tentang Percaya Diri

SHARE

Mahasiswa Unpam saat kegiatan PMKM di di MTSS Nurul Falah Abdul Aziz, Desa Rancasumur, Kecamatan Kopo, Serang- Banten, Sabtu (6/11). 

CARAPANDANG.COM - Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam)  mengadakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di MTSS Nurul Falah Abdul Aziz, Desa Rancasumur, Kecamatan Kopo, Serang- Banten, Sabtu (6/11). 

Kegiatan PMKM ini dilakukan oleh 4 mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Sarjana Akuntansi Semester 7 dengan  dosen pembimbing Tati Rosyati, S.E., M.Ak. Pada kegiatan ini siswa diajak untuk lebih percaya diri  melalui Kegiatan diskusi santai  antar siswa. 

Rasa percaya diri adalah kondisi psikologis seseorang yang berpengaruh terhadap aktivitas fisik dan mental. Umumnya muncul ketika seseorang akan melakukan aktivitas tertentu.

Kesadaran akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dan keyakinan untuk dapat menerima diri sendiri, bersiap optimis, dan berpikir positif sehingga dapat beraktivitas sesuai dengan kapasitas yang di miliki. Banyak yang mengira rasa percaya diri adalah hal yang tak bisa dipelajari.

Rasa percaya diri yang dimiliki anak usia belasan tahun sering membuat mereka sulit menentukan keputusan apa yang diambil saat mengalami tekanan. Percaya diri merupakan hal penting, dengan percaya diri siswa dapat meraih kesuksesan dalam menghadapi kehidupan yang semakin menantang.

Kegiatan ini mengedukasi siswa kelas 9 dan 12 tentang apa itu rasa percaya diri dan cara mengendalikan rasa percaya diri yang dimiliki setiap manusia.

Salah satu  pemateri,  Meichelle menyampaikan bahwa  proses terbentuknya rasa percaya diri bisa di lakukan melalui 3 cara, yaitu  pertama, pemahaman seseorang terhadap kelebihan yang dimilikinya sehingga menghasilkan keyakinan yang kuat untuk melakukan suatu aktivitas.

"Kedua, pemahaman dan reaksi positif seseorang terhadap kelemahan yang di milikinya sehingga tidak menimbulkan rasa rendah diri. Dan yang ketiga, pengalaman dari aspek kehidupan,’’ jelasnya.

Selanjut dia mengatakan ciri-ciri orang percaya diri yakni  selalu bersikap tenang ketika melakukan suatu aktivitas, mempunyai kemampuan diri, mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi.

"Memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik, selalu bereaksi positif di dalam menghadapi berbagai tekanan,’’ imbuhnya. 

Salah satu siswa kelas 9, Danil bercerita bahwa dirinya sangat menyukai olahraga sepak bola, tapi terkadang merasa tidak percaya diri saat bermain.

Dari kegiatan ini siswa diedukasi bagaimana cara mengendalikan rasa percaya diri dan cara mempraktekkan rasa percaya diri itu di setiap aktivitas.



TERPOPULER

RAGAM