Menlu Qatar Ungkapkan Menolak Tanggung Jawab Atas Bandara Kabul Tanpa Taliban

SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Qatar Ungkapkan tidak akan bertanggung jawab atas bandara Kabul tanpa kesepakatan "jelas" dengan semua pihak yang terlibat, termasuk Taliban, tentang operasinya. 

Berbicara pada konferensi pers pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan negaranya tidak dapat bertanggung jawab atas operasi bandara jika semua masalah tidak ditangani dengan jelas. 

Doha telah menjadi perantara utama di Afghanistan setelah penarikan pasukan NATO pimpinan AS bulan lalu. Tindakan ini untuk membantu mengevakuasi ribuan orang asing dan Afghanistan, melibatkan penguasa baru Taliban, dan mendukung operasi di bandara Kabul. 

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kelompok itu sekarang mengamankan dan mengoperasikan bandara Kabul tersebut. Dia menunjukkan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan Qatar dan Turki tentang masa depan fasilitas itu.

Kelompok bersenjata telah berulang kali mengatakan tidak akan menerima kehadiran militer asing di negara itu setelah 31 Agustus. Namun, Sheikh Mohammed telah dikutip mengatakan bahwa Qatar mendesak Taliban untuk menerima bantuan asing.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM