Mensos: Keinginan Mudik Di Masa Pandemi Seringkali Tidak Dibarengi Kepekaan Atas Dampak Kesehatan Orang Lain

SHARE

Menteri Sosial Tri Rismaharini

CARAPANDANG.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta kepada masyarakat agar berfikir panjang saat memutuskan mudik. Berfikirlah tentang resiko kesehatan jika nekat pulang ke kampung halaman. 

"Ada yang harus kita pikirkan lebih panjang lagi, karena kasihan kalau, misalnya, saya ketemu orang tua, ketemu itu mereka enggak kuat fisiknya, kalau ada apa-apa, risikonya besar," ujar Risma saat ditemui di Graha Aneka Bhakti Jakarta, Senin (10/5).

Mensos mengungkapkan bahwa dirinya juga memiliki keinginan yang sama dengan masyarakat mudik ke kampung halaman. Namun, hal itu tetap tidak bisa dilakukannya, dan memilih menahan diri guna mencegah potensi penyebaran COVID-19 dalam kegiatan tersebut.

"Itu yang harus kita pikirkan. Ya, saya tahu itu emosi sangat penting, tapi bahwa keamanan dan kesehatan jauh lebih penting menurut saya," kata dia.

Risma mengatakan keinginan untuk mudik di masa pandemi COVID-19 seringkali tidak dibarengi kepekaan atas dampak kesehatan orang lain.

Selain itu, seringkali pemudik terdeteksi sebagai kasus tanpa konfirmasi atau orang tanpa gejala (OTG). Sehingga ada kemungkinan orang tersebut tidak menyadari terpapar SARS-CoV-2 dari mana. "Kemudian kita bertemu dengan keluarga kita yang lebih tua, atau keluarga kita yang punya komorbid, jantung atau asma, tertular, risikonya sangat besar sekali," ujar Risma.



Tags
SHARE

TERPOPULER

RAGAM