Menteri Zainudin Amali: SEA Games 2021 Bekal dalam Persiapan Menuju Olimpiade Paris

SHARE

istimewa



CARAPANDANG.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pencapaian Indonesia pada SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam menjadi bekal dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.

Dia juga menyebut dalam perjalan menuju Paris, Indonesia akan menghadapi sejumlah ajang lainnya seperti SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja dan Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

"Pada 2023 nanti ada SEA Games Kamboja dan Asian Games di China. Kita berharap ini akan menjadi satu rangkaian persiapkan sesuai Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menjadi pijakan untuk pembinaan prestasi," kata Amali dalam keterangan tertulis, Rabu.

Sejak awal, Amali menegaskan bahwa dalam DBON, SEA Games dan Asian Games merupakan sasaran antara, sedangkan sasaran utama Indonesia adalah Olimpiade dan yang terdekat Paris 2024.

Dia juga menyebut bahwa harapan masyarakat dan Presiden Joko Widodo agar Indonesia memperbaiki peringkat dari SEA Games 2019 Filipina telah dijawab kontingen Indonesia yang dikirim ke SEA Games 2021 Vietnam dengan membawa pulang 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

"Dengan komposisi atlet yang lebih sedikit dari saat ke SEA Games Filipina yang mencapai 841 dan di Vietnam hanya setengahnya yakni 499 atlet tetapi dengan raihan prestasi berada di peringkat ketiga," katanya.

SEA Games Vietnam, kata Amali, menjadi ajang untuk mengimplementasikan paradigma baru dalam pengiriman atlet. Selain itu, program cetak juara yang kaitannya dengan DBON ampuh mengangkat prestasi.

Halaman : 1