Pejabat Eksekutif WHO Bantah Presiden Bolsonaro Terkait Omicron Akhiri Pandemi

SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Direktur Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan pada Rabu (12/1) membantah pernyataan yang dibuat oleh Presiden Brazil Jair Bolsonaro bahwa varian Omicron virus corona akan diterima kehadirannya dan bahkan dapat mengakhiri pandemi.

Dalam sebuah wawancara sebelumnya, Bolsonaro menganggap enteng masuknya varian baru di Brazil.

Selama konferensi pers di Jenewa, ketika ditanya tentang pernyataan yang dibuat oleh presiden Brazil itu, Ryan menegaskan bahwa meskipun Omicron "kurang parah seperti infeksi virus pada individu, itu tidak berarti Omicron adalah penyakit ringan."

Ada banyak orang di seluruh dunia di rumah sakit, di ruang rawat intensif, terengah-engah, yang "jelas membuat sangat benderang bahwa Omicron bukan penyakit ringan," tambahnya.

"Ini adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, ini adalah penyakit yang dapat dicegah dengan mengambil - dalam tingkat yang lebih tinggi - tindakan pencegahan pribadi yang mantap untuk menghindari infeksi dan mendapatkan vaksinasi," katanya.

"Banyak yang bisa kita lakukan. Ini bukan saatnya untuk menyerah, ini bukan saatnya untuk tunduk, ini bukan saatnya untuk menyatakan bahwa ini adalah virus yang kehadirannya bisa diterima. Tidak ada virus yang disambut kehadirannya yang membunuh orang. Terutama ketika kematian dan penderitaan itu dapat dicegah dengan penggunaan vaksinasi yang tepat," katanya.





TERPOPULER

RAGAM