Pemangku Kepentingan Diajak Berpihak Pada Perempuan Yang Menjadi Penyintas Kekerasan

SHARE

Ilustrasi (istimewa)

CARAPANDANG.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meminta semua pihak termasuk media untuk berpihak kepada para perempuan yang menjadi penyintas kekerasan.

"Saya mengajak seluruh pihak dan pemangku kepentingan mulai dari pemerintah pusat hingga desa kemudian aparat penegak hukum, sumber daya layanan, akademisi dan profesional, dunia usaha, masyarakat dan tidak kalah penting adalah rekan-rekan media massa untuk ikut serta dalam perjuangan ini," kata Menteri Bintang dalam konferensi pers peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan yang diperingati setiap 25 November, dipantau virtual dari Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Bintang mengatakan media memiliki peran penting dalam membentuk nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, dengan akar permasalahan kekerasan terhadap perempuan adalah pola pikir masyarakat yang belum menjunjung kesetaraan.

Dia menyebut kekerasan terhadap perempuan sebagai fenomena gunung es dengan jumlah yang kasus dapat lebih besar dari yang dilaporkan atau dicatat selama ini.

Hal itu karena adanya ketimpangan relasi kuasa antara korban dan pelaku membuat para penyintas berpotensi merasakan ketakutan untuk melaporkan kekerasan yang mereka alami.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM