Pemerintah Swiss Lepaskan Beberapa Aset Rusia yang Dibekukan

SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Pemerintah Swiss pada Kamis (12/5/2022) melaporkan aset Rusia senilai 6,3 miliar franc Swiss (6,33 miliar ) dibekukan di bawah sanksi untuk menghukum invasi Moskow ke Ukraina, turun dari awal April karena sekitar 3,4 miliar franc aset yang diblokir sementara dibebaskan.

Angka tersebut menandai penurunan dari sekitar 7,5 miliar franc Swiss dalam dana yang dilaporkan pemerintah dibekukan pada 7 April. Pejabat pemerintah Erwin Bollinger menunjuk ke lebih sedikit dana - 2,2 miliar franc - yang baru dibekukan daripada yang telah dilepaskan.

“Kami tidak dapat membekukan dana jika kami tidak memiliki alasan yang cukup,” Bollinger, seorang pejabat senior di badan Sekretariat Negara untuk Urusan Ekonomi (SECO) yang mengawasi sanksi, mengatakan kepada wartawan.

Tekanan telah meningkat pada Swiss - tujuan populer bagi elit Moskow dan tempat penyimpanan kekayaan Rusia - untuk lebih cepat mengidentifikasi dan membekukan aset ratusan orang Rusia yang terkena sanksi.

Komisi Helsinki AS, sebuah komisi independen yang didanai pemerintah yang menangani masalah keamanan, kerja sama dan hak asasi manusia di Eropa, pada awal Mei menyebut Swiss "pemegang peran utama diktator Rusia Vladimir Putin dan kroni-kroninya", yang menurut komisi itu menggunakan "Undang-undang kerahasiaan Swiss untuk menyembunyikan dan melindungi hasil kejahatan mereka".

Pemerintah Swiss menolak tuduhan itu "dalam istilah yang sekuat mungkin", sementara Presiden Swiss Ignazio Cassis telah meminta pemerintah AS "segera mengoreksi kesan menyesatkan ini" selama panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.
 

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM