Platform Konferensi Zoom Gabung Organisasi Teknologi Perangi Terorisme

SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Platform konferensi video asal Amerika Serikat, Zoom, mengumumkan keanggotaannya bergabung dengan organisasi yang terdiri dari para pelaku industri teknologi untuk memerangi terorisme.

Organisasi itu dikenal dengan nama Global Internet Forum to Counter Terrorism (GIFCT) yang berdiri secara independen serta saling berbagi informasi untuk memerangi terorisme dan ekstremisme di situs- situs mereka.

"Adalah tanggung jawab kami untuk mendukung pengguna kami dan melindungi mereka dari ancaman online," kata penasihat umum Zoom Josh Parecki seperti dilansir dari Reuters, Kamis.

Anggota pendiri GIFCT adalah Facebook (saat ini dikenal dengan nama Meta), Microsoft, Twitter dan YouTube Alphabet.

Keanggotaannya telah meningkat menjadi 18 perusahaan dengan lima platform baru bergabung di 2021 termasuk perusahaan persewaan rumah Airbnb, platform media sosial Tumblr dan platform penerbitan online WordPress.

GIFCT akan lebih masif beroperasi dan menjaring anggota baru di 2022.

Latar belakang berdirinya GIFCT untuk menjawab kritik global yang memberikan penilaian buruk terhadap perusahaan teknologi karena tak bisa membendung aktivitas ekstremis di platform mereka.

Akhirnya pada 2017 GIFCT terbentuk setelah rangkaian tekanan dari berbagai pemerintah di AS dan Eropa menyusul serangan mematikan dari teroris di Paris dan Brussels.

Dengan adanya organisasi itu, para anggotanya dapat berbagi hash untuk pengelolaan database mereka.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM