Reebok Penyelamat Allen Iverson

SHARE

istimewa


CARAPANDANG - Masih seputar nasib pemain NBA yang kurang beruntung. Cerita-cerita seperti ini akhirnya muncul setelah kabar mengenai Delonte West yang tetap jadi gelandangan, meski rekan-rekannya sudah berusaha membantu. Kali ini, ada kisah yang hampir mirip dengan West. Allen Iverson juga sempat hancur, dan bahkan bisa jadi gelandangan. Beruntung ada satu hal yang membuatnya tetap selamat. 

Pada tahun 2012, Allen Iverson bercerai dengan Tawanna. Salah satu kisah yang menarik adalah ketika Iverson mengatakan bahwa, "Saya bahkan tidak punya unang untuk membeli burger keju." Tawanna akhirnya memberikan 61 dolar Amerika agar Iverson bisa membeli makan. Cerita ini dimuat dalam Washington Post

Bagaimana bisa seorang Allen Iverson mengalami kebangkrutan? Tapi memang begitulah kenyataannya. Karena hidup tidak selalu mudah bagi mantan pemain NBA. 

Allen Iverson adalah pemain yang terpilih sebagai NBA All-Star 11 kali, MVP NBA 2001, dan tiga kali terpilih All-NBA First Team. Pendapatannya ditaksir senilai 200 juta dolar sebelum pensiun. Dengan rincian 115 juta dolar dari gajinya di NBA, dan mendapatkan 800 ribu dolar Amerika per tahun dari kontrak seumur hidupnya dengan Reebok. Tetapi menurut The Sun, setelah dirinya pensiun, Iverson tidak punya apa-apa selain uang dari Reebok. 

Rasa penasaran tentang apa yang terjadi dalam kehidupan Iverson, terjawab dari sebuah artikel di Clutch Points. Iverson ternyata suka berbelanja. Dia bisa menghabiskan 10 ribu dolar Amerika hanya untuk membeli pakaian. Jumlah uang yang sama juga dipakai untuk makan di restoran. Sehingga pengeluaran terbesar dalam kehidupan sehari-hari Iverson adalah belanja busana. 

Iverson juga memiliki kebiasaan buruk dengan keluar malam. Cerita ini dibagikan oleh Matt Barnes, rekan setimnya di Philadelphia 76ers. "Allen adalah orang pertama yang menunjukkan kepada saya bagaimana pemain NBA menghabiskan uangnya di klub malam. Dia membuang begitu banyak uang, bahkan saya sempat mengambil uang Iverson yang dilempat ke lantai," kata Barnes. 

Iverson sering kali melakukan hal-hal yang di luar nalar. Seperti ketika dia terjebak macet. Iverson turun dari kendaraannya dan memberikan kepada petugas. "Ambil kendaraan saya, karena saya punya sepuluh lagi," katanya, sembari memberikan kunci mobil Lamborghini Murcielago. 

Dia juga pernah memberikan mobil mewah merek Bentley kepada rekan setimnya, Larry Hughes. Ketika mereka berdua berjalan di parkiran usai latihan, Hughes melihat Bentley milik Iverson. Hughes mengatakan bahwa suatu saat dia akan membelinya. Tapi Iverson spontan mengatakan, "Ambil saja mobil milik saya. Itu hanya sebuah Bentley," katanya. 

Pada tahun 2010, pengamat NBA Stephen A. Smith mengatakan bahwa apa yang dilakukan Iverson membuat dirinya menjadi orang yang terlupakan. Bahkan itu bisa berpengaruh pada kehidupannya. Ternyata, setelah dua tahun Smith mengatakan hal tersebut, Iverson menyatakan dirinya bangkrut. 

Ada beberapa hal yang menghancurkan kehidupannya, seperti perceraian, masalah hukum, alkohol, dan perjudian. Bahkan ada berita bahwa Iverson berhutang 900 ribu dolar Amerika di toko perhiasan. Sehingga sekarang kekayaan Iverson hanya tersisa 1 juta dolar Amerika, dari yang awalnya sekitar 200 juta dolar Amerika. 

Meski Allen Iverson menyatakan dirinya bangkrut, tapi dia tidak seperti Delonte West. Karena Iverson masih memiliki bayaran 800 ribu dolar per tahun dari Reebok. Bahkan, pada bulan Oktober 2023, dia ditunjuk sebagai wakil presiden divisi bola basket mendampingi Shaquille O'Neal. Sehingga Iverson akan dapat bayaran besar dari tanggung jawab tersebut. 

Kembali lagi tentang Reebok. Iverson mungkin harus mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada perusahaan tersebut. Karena ada sebuah klausul kontrak yang menguntungkan. Dia bakal menerima 32 juta dolar pada tahun 2030. Artinya, delapan tahun lagi kekayaannya bakal bertambah. 

Sekarang pertanyaannya, apakah Iverson bisa mengelola kekayaannya dengan baik? Kalau tidak, dan masih punya gaya hidup seperti dulu, maka dia bisa menyusul Delonte West di parkiran supermarket. dilansir mainbasket.com