Rektor UHO Kendari: Kami Siap Mendukung Dan Bermitra Dengan Bawaslu

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM -  Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Abhan mengatakan dalam melakukan proses pilkada tidak bisa hanya dilakukan satu pihak, tetapi dibutuhkan peran pihak lain.

Maka itu, pihaknya mengajak seluruh civitas akademika di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk bersinergi bersama mengawal demokrasi berkualitas pada Pemilu dan Pilkada 2024.

"Menurut kami bahwa peran perguruan tinggi itu sangat besar dalam proses demokrasi," ujarnya Abhan saat menyampaikan kuliah umum di UHO Kendari, di Kendari, Selasa (14/9). 

Abhan menilai perguruan tinggi mempunyai peran yang cukup andil dalam menciptakan demokrasi yang baik dan berintegritas di negeri ini melalui pendidikan dan literasi politik kepada publik.

Ia mengatakan perguruan tinggi dinilai mampu menggerakkan masyarakat dalam berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu serta terlibat dalam pengawasan setiap tahapan kepemiluan nantinya.

"Banyak kader bangsa berkualitas dibentuk oleh perguruan tinggi, termasuk UHO. Oleh karenanya UHO punya peran untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Tentu bersama-sama kami di Bawaslu menyukseskan Pemilu 2024 dan ikut aktif di dalam pengawasan partisipatif nanti," kata dia.

Menurut dia, hal itu penting dilakukan sehingga mencegah adanya politik uang (money politic), ujaran kebencian, hoaks, dan politisasi SARA yang dapat mencederai demokrasi di negara ini.

"Ini kan yang masih terjadi di dalam setiap pemilihan. Itu bagian yang harus disinergikan antara Bawaslu dan pemangku kepentingan lainnya," kata Abhan.

Rektor UHO Kendari Prof Muhmmad Zamrun Firihu mengatakan siap bersinergi bersama Bawaslu baik pusat, provinsi hingga kabupaten/kota dalam mengawal pemilu berkualitas. "Kami siap mendukung dan bermitra dengan Bawaslu agar nanti proses Pemilu dan Pilkada 2024 bisa terlaksana dengan baik dan berkualitas," kata dia.

Rektor UHO imendukung jika nanti mahasiswa di kampus ini dilibatkan Bawaslu ataupun KPU sebagai agen untuk mengawasi pemilu guna menciptakan demokrasi berintegritas.



TERPOPULER

RAGAM