SHARE

COVID-19

CARAPANDANG.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden mengatakan orang Amerika membutuhkan lebih banyak bantuan ekonomi akibat pandemi virus corona sekarang.

Biden mengatakan akan menyampaikan rencana yang menelan biaya "triliunan dolar" pekan depan.

Biden, seraya memperkenalkan beberapa anggota tim ekonominya, berbicara pada Jumat (8/1) setelah data menunjukkan ekonomi AS kehilangan lapangan pekerjaan untuk pertama kalinya dalam delapan bulan pada Desember ketika pandemi COVID-19 yang bangkit kembali menutup restoran dan bisnis lainnya. Dia mengatakan usul itu mencakup bantuan bagi pemerintah negara bagian dan lokal yang bergulat dengan pandemi, serta dukungan baru bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan atau tidak mampu membayar sewa.

Biden juga menyerukan untuk menaikkan upah minimum menjadi 15 dolar (Rp212.000), janji kampanye, dan mengirimkan 2.000 dolar (Rp28,2 juta) dalam pembayaran tunai langsung. Demokrat meminta pembayaran tunai itu dalam tagihan bantuan terakhir, yang disahkan pada Desember, tetapi hanya bisa memaksa Partai Republik menyetujui 600 dolar (Rp8,4 juta).

"Kami membutuhkan lebih banyak bantuan langsung yang mengalir ke keluarga, usaha kecil, termasuk menyelesaikan pekerjaan untuk mendapatkan orang-orang bahwa pembayaran langsung bantuan 2.000 dolar. 600 dolar tidak cukup," katanya.

Biden mengatakan dia akan mengungkap rencana itu pada Kamis.

Politisi Demokrat itu, yang menjabat pada 20 Januari, muncul dengan berani dari sepasang pemilihan Senat minggu ini di Georgia yang memberikan para politisi Demokrat mayoritas di Senat untuk melengkapi kendali Dewan Perwakilan Rakyat. Mayoritas dapat memungkinkan Biden untuk meloloskan tagihan belanja yang lebih besar.

Rencana awal Biden adalah untuk tagihan di bawah 1 triliun dolar ( Rp14 kuadriliun) tapi dia mengatakan pada Jumat bahwa "penelitian ekonomi menegaskan bahwa dengan kondisi seperti krisis hari ini, terutama dengan suku bunga rendah, mengambil tindakan segera - bahkan dengan pembiayaan defisit - akan membantu perekonomian. "

Berbicara kepada wartawan saat dia mengumumkan calonnya untuk mengepalai departemen Perdagangan dan Tenaga Kerja, presiden terpilih itu mengatakan tindakan diperlukan untuk membantu orang Amerika mencapai sisi lain dari krisis kesehatan dan ekonomi, dan untuk "menghindari biaya ekonomi yang lebih luas yang timbul. di sana, itu akan terjadi karena pengangguran jangka panjang, kelaparan, tunawisma, dan kegagalan bisnis. "

Pasar telah bereaksi cepat terhadap ekspektasi bahwa pengeluaran pemerintah akan naik sejak Demokrat memenangkan pemilihan Georgia, dengan indeks saham naik dan minat investor untuk obligasi Treasury AS 10-tahun naik ke level tertinggi sejak Maret. Namun Partai Republik dan bahkan beberapa politisi Demokrat mungkin menahan pengeluaran yang dipicu defisit yang lebih besar, dengan Senator Joe Manchin, seorang politisi Demokrat dari West Virginia, di antara mereka yang awalnya menyambut gagasan itu dengan skeptis.

Tim transisi Biden juga mengatakan pada Jumat bahwa mereka sedang mencari upaya bantuan ekonomi lainnya yang dapat mereka ambil secara sepihak, termasuk memperpanjang jeda pembayaran pinjaman mahasiswa federal.

Tags
SHARE