Sekjen Kemensos Dorong Sekolah Umum Jadi Sekolah Inklusi

SHARE

Ilustrasi - SLB Negeri Tanjungpinang, Kepulauan Riau

CARAPANDANG.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat mengatakan bahwa sekolah-sekolah umum perlu memfasilitasi siswa difabel mengikuti kegiatan belajar mengajar agar mereka memiliki opsi selain belajar di sekolah luar biasa.

"Inklusif harus dipahami bahwa ada kesetaraan, berarti tidak ada perbedaan kesempatan. Orang dengan disabilitas pun bisa bersekolah di sekolah umum, bukan dimarjinalisasi, jadi harus sekolah di sekolah khusus," kata Harry dalam webinar untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.

"Yang terjadi sekarang justru langkah kebijakan yang dilakukan cenderung memarjinalisasi teman-teman disabilitas," katanya dalam webinar yang diikuti dari Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Harry mengemukakan bahwa sekolah umum sebaiknya menyiapkan guru yang memahami kebutuhan siswa dengan disabilitas serta fasilitas pendukung pendidikan siswa difabel.

Di samping itu, ia mengatakan, keluarga juga perlu mendorong anak difabel menjalani pendidikan di sekolah umum jika memungkinkan.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM