Selamat Hari Disabilitas Internasional

SHARE

Siswi dari SLB Negeri Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

CARAPANDANG.COM – Oleh: Amir Fiqi, Wartawan dan Pemerhati Sosial

Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional (HDI). Tujuan diperingatinya HDI setiap tahun adalah untuk menjawab tantangan dan permasalan yang dihadapi oleh penyandang disabitas.

Tema yang diusung pada  HDI 2021 adalah “Kepemimpinan dan Partiasipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

Dilansir dari laman kemensos.go.id dipilihnya tema tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemendarian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Tujuan tersebut harus terus digaungkan di tengah masyarakat, sebab masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata kehadiran mereka. Keterbatasan yang dimiliki membuat penyandang disabilitas  dianggap sebagai kelompok yang lemah, tidak berdaya dan hanya perlu mendapatkan belas kasihan. Sehingga hak-hak mereka sebagai manusia seringkali diabaikan, mulai dari hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga hak kemudahan untuk mengakses fasilitas umum.

Seharusnya mereka mendapatkan tempat yang sama. Sebab, secara tegas dalam UUD 1945 telah menjamin hak mereka.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM