Selamat Hari Parlemen 2021

SHARE

Ilustrasi

CARAPANDANG.COM – Oleh: Amir Fiqi, Wartawan dan Pemerhati Sosial

Setiap tanggal 16 Oktober bangsa Indonesia memperingati “Hari Parlemen”. Peringatan ini sangat penting sebagai pengingat parlemen yang disebut Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di semua level untuk memperjuangakan amanat rakyat. Perjuangan yang dimaksud adalah menjalankan fungsi parlemen sebagai pembuat undang-undang (legislasi), melakukan pengawasan dan menyusun anggaran bagi kepentingan rakyat.

Pada periode 2019-2024 DPR RI terdiri dari sembilan fraksi dengan jumlah keseluruhan 575 anggota yang diketuai oleh Puan Maharani. Di tangan mereka lah rakyat menggantungkan harapannya agar kehidupannya semakin lebih baik- semakin sejahtera, dan semakin terdidik.

Begitu beratnya tugas yang diemban para wakil rakyat, maka jabatan tersebut harus diisi oleh pribadi-pribadi yang memiliki integritas dan kemampuan dalam upaya memperjuangkan amanat rakyat tersebut.

Tapi, dalam keyataannya sebaliknya, sehingga parlemen di Indonesia banyak dihiasi oleh beberapa suara sumbang akibat kasus-kasus moral. Misal, yang terbaru adalah kasus korupsi yang menjerat Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Rakyat sering dikecewakan

Rakyat menggantungkan harapannya kepada para wakil rakyat yang duduk di Senayan sana. Namun, apa yang terjadi harapan tinggal harapan. Suara hati rakyat yang sering mereka teriakan kurang didengar. Sehingga berbagai produk legislasinya kerap tidak sejalan dengan harapan dan keinginan rakyat.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM