Sri Mulyani: Integrasi Data Jadi Kunci Untuk Ciptakan Ekonomi Maju

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan data yang terintegrasi menjadi kunci untuk menciptakan perekonomian maju karena akan mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kebijakan pemerintah.

“Salah satu tantangan suatu perekonomian untuk maju adalah bagaimana kita meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya,” katanya dalam acara Launching dan bedah buku Connecting Change Perjalanan INSW di Jakarta, Senin.

Sri Mulyani menuturkan pemerintah bersama otoritas selama ini terus berkolaborasi dalam menciptakan sebuah sistem yang mampu melayani kebutuhan masyarakat serta dunia usaha secara transparan, kompetitif, dan inovatif.

Menurutnya, sistem yang diciptakan pemerintah harus mampu memberikan layanan yang mudah, sederhana, tepat waktu dan mampu dikompetisikan dengan negara-negara lain.

Tak hanya itu, ia mengatakan kemampuan pemerintah untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara kementerian/lembaga (K/L) turut menjadi faktor utama dalam menciptakan efisiensi sebuah perekonomian.

“Ini adalah tantangan tidak mudah bagi sebuah perekonomian sebesar Indonesia. Berbagai K/L memberikan pelayanan kepada dunia usaha dengan standar, prosedur dan persyaratan yang tidak begitu rumit,” katanya.

Oleh sebab itu, upaya pemerintah adalah terus memperbaiki tata kelola dan sistem agar semakin terintegrasi sekaligus menciptakan sinergi dan kolaborasi sehingga dapat memberikan keringanan bagi masyarakat dan dunia usaha.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM