Tentang Omicron, Wiku: Masyarakat Tidak Usah Khawatir Terlalu Berlebihan

SHARE

Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito (istimiewa()

CARAPANDANG.COM - Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Hal ini diharapkan agar Indonesia bisa mencegah penyebaran COVID-19 varian Omicron menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Masyarakat tidak usah khawatir terlalu berlebihan, karena, apapun variannya, selama kita menjalankan protokol kesehatan ketat secara disiplin dan kolektif, seharusnya kita bisa terhindar (dari masuknya varian Omicron ke Indonesia)," kata Wiku di Jakarta, dikutip pada Rabu (1/12/2021).

Lebih lanjut, Wiku tak menampik bahwa menjelang libur Natal dan Tahun Baru ini, bisa ada potensi terjadinya mobilitas tinggi dan kelalaian dalam penerapan protokol kesehatan.

"Dan memang dalam Nataru, potensi terjadinya mobilitas yang lebih tinggi, dan mungkin juga masyarakat menjadi tidak terlalu disiplin dalam protokol kesehatan memang ada, dan itu yang harus dicegah, dan jangan sampai terjadi," papar Wiku.

"Jadi, mobilitas harus dijaga, protokol kesehatan harus tetap disiplin, dan pastikan bahwa varian baru dari negara lain tidak masuk ke Indonesia," ujarnya menambahkan.

Wiku melanjutkan, penjagaan wilayah dengan penyaringan (screening) dan karantina juga perlu dilakukan.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM