Terima Gelar Profesor, Hasto: Megawati Telah Meletakkan Fondasi Kuat Bagi Tata Negara Dan Tata Pemerintahan

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi rencana Universitas Pertahanan mengukuhkan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) untuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Hasto yang juga mahasiswa doktoral Universitas Pertahanan ini mengatakan di masa kepemimpinan Megawati, Indonesia menghadapi krisis multidimensi.  Megawati berhasil menghadapinya, sehingga Indonesia kembali bangkit dan mendapat kepercayaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kepemimpinan Megawati sangat kuat dan penuh tanggung jawab terhadap masa depan bangsa. Megawati diakui mampu membawa Indonesia keluar dari krisis multidimensi dan mendapat pengakuan dari dalam dan luar negeri," ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (8/6). 

Menurutnya kepemimpinan Megawati juga menghadirkan rekonsiliasi nasional, tidak ada dendam terhadap masa lalu, dan melarang untuk menghujat Soeharto karena kesadaran pentingnya melihat masa depan.

"Atas kiprah kepemimpinannya selama ini, Ibu Megawati tercatat telah menerima sembilan gelar doktor honoris causa dari dalam dan luar negeri," kata Hasto.

Lebih lanjut dia mengatakan, Megawati juga memiliki jejak kepemimpinan yang kuat dimulai sejak menjadi anggota MPR/DPR RI, Wakil Presiden RI, hingga menjadi presiden perempuan pertama di Indonesia.

Melalui keputusan Megawati saat di pemerintahan, melahirkan sejumlah lembaga/institusi negara, antara lain Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Ibu Megawati telah meletakkan fondasi yang kuat bagi tata negara dan tata pemerintahan dengan tradisi demokrasi yang baik. Pemilu di bawah kepemimpinan beliau, anggaran sangat efektif dan dikenal sangat demokratis," ujarnya.

Sebelumnya, Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian menerangkan bahwa pada hari Jumat (11/6) Unhan akan melakukan sidang senat terbuka Universitas Pertahanan dalam rangka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI kepada Megawati Soekarnoputri.



Tags
SHARE

TERPOPULER

RAGAM