Wapres Minta Bappenas Segera Wujudkan Pencapaian "SDGs" Di Indonesia

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk segera mewujudkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) di Indonesia.

"Saya berharap Kementerian PPN/Bappenas dapat terus menyelaraskan koordinasi pemangku kepentingan dalam pencapaian SDGs. Waktu kita makin pendek, terlambat bukanlah suatu pilihan, karena terlalu besar krisis kemanusiaan yang akan kita tanggung dan pertaruhkan," kata Wapres di pembukaan Indonesia’s SDGs Annual Conference Tahun 2021 melalui konferensi video dari Jakarta, Selasa.

Wapres mengatakan SDGs merupakan komitmen global yang semakin penting untuk menjadi panduan dan agenda bersama dalam rangka menyelamatkan generasi masa depan.

"SDGs menjadi semakin penting untuk menjadi panduan, kerangka dan agenda bersama yang inklusif dan berkelanjutan, demi menyelamatkan generasi hari ini maupun generasi masa depan," katanya.

Merujuk kembali pada arahan Presiden Joko Widodo, Wapres mengatakan Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 dan upaya untuk memulihkan ekonomi nasional, Wapres mengimbau seluruh pihak terkait untuk tetap membawa Indonesia menjadi yang terdepan dalam pencapaian SDGs.

"Meskipun kita masih berjuang untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, target pencapaian SDGs tidak boleh bergeser. Indonesia tetap bertekad untuk menjadi yang terdepan dalam pencapaian SDGs," tegasnya.

Posisi Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan G20 juga menjadi momentum tepat untuk mengusung berbagai agenda strategis dalam pencapaian SDGs, tuturnya.

"Presidensi G20 Indonesia juga akan menjadi momentum yang baik untuk mengusung agenda strategis di tingkat global, termasuk dalam pencapaian SDGs," tambahnya.

Oleh karena itu, Wapres mendorong seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam membawa SDGs ke berbagai aksi nyata sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menyeimbangkan aspek sosial.

"Kolaborasi dibutuhkan untuk membumikan SDGs ke dalam aksi-aksi nyata yang menyentuh kebutuhan masyarakat, sekaligus menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi, lingkungan dan tata kelola, yang merupakan empat pilar utama dalam tujuan pembangunan berkelanjutan," ujar Wapres.



TERPOPULER

RAGAM