FIB UI - JICA Luncurkan Mata Kuliah Terbuka Modernisasi Jepang

SHARE

Istimewa

CARAPANDANG.COM –  Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) meluncurkan mata kuliah Modernisasi Jepang yang diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dekan FIB UI Dr. Adrianus Laurens Gerung Waworuntu dalam keterangan tertulisnya, Selasa mengatakan mata kuliah Modernisasi Jepang mendapat respons dan antusiasme yang positif dari para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.

"Dengan banyaknya siswa yang sangat tertarik untuk memperluas pengetahuan mereka tentang Jepang, maka kesempatan kerja sama di masa mendatang akan semakin terbuka. Kami berharap kerja sama antara JICA dan FIB UI akan semakin diperkuat dengan pengembangan program lainnya bersama-sama," ujar Adrianus.

Kerja sama ini merupakan program JICA Chair (program JICA untuk Studi Jepang) yaitu, sebuah program/course pertama di Asia yang diintegrasikan sebagai mata kuliah berkredit.

JICA adalah lembaga yang didirikan oleh pemerintah Jepang bertujuan membantu pembangunan negara-negara berkembang.

Mata kuliah Modernisasi Jepang menawarkan pengenalan lebih jauh dan lebih mendalam tentang berbagai isu masyarakat di Jepang dari Zzman Meiji sampai sekarang. JICA memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan mata kuliah ini dengan mendatangkan tujuh pembicara dari Jepang untuk memberikan kuliah.

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat Jepang sebagai dampak dari proyek modernisasi besar-besaran yang dilakukan pemerintahan Meiji. Beberapa topik penting yang dikaji dalam mata kuliah tersebut antara lain post-war Japan, politics in Japan, Japanese economic growth, education system, dan international relations, juga peranan Jepang di wilayah Asia Timur.

Halaman :


TERPOPULER

RAGAM