Beranda Internasional 75 Tahun Hubungan Diplomatik China-Korea Utara

75 Tahun Hubungan Diplomatik China-Korea Utara

Pemimpin China dan Korea Utara berjanji untuk meningkatkan kerja sama bilateral pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

0
381
Pemimpin China dan Korea Utara berjanji untuk meningkatkan kerja sama bilateral pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

CARAPANDANG - Pemimpin China dan Korea Utara berjanji untuk meningkatkan kerja sama bilateral pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

“Saya sangat mementingkan perkembangan hubungan Tiongkok-DPRK,” kata Presiden China Xi Jinping dalam pesannya kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikutip Reuters melalui kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, Senin (7/10/2024).

Dalam pesannya kepada Kim Jong Un, Xi menggunakan inisial nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea atau DPRK. Xi mengatakan China siap untuk terus “menulis babak baru” hubungan melalui penguatan komunikasi dan kerja sama.

China sejauh ini merupakan mitra dagang terbesar Korea Utara. Keduanya memiliki sejarah yang sama sejak dukungan Beijing terhadap Pyongyang selama Perang Korea tahun 1950-1953 yang menghasilkan terbentuknya Korea Utara dan Selatan.

Namun, China bereaksi dengan hati-hati pada bulan Juni ketika Kim memperdalam hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Tahun ini, Korea Utara dan Rusia menandatangani perjanjian strategis yang mencakup unsur pertahanan bersama.

Dalam pesannya kepada Xi, Kim berjanji untuk terus berupaya mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPRK dan China seperti yang disyaratkan oleh era baru.

Korea Utara diperkirakan akan merevisi konstitusinya untuk meninggalkan tujuan lamanya yaitu penyatuan damai dengan Korea Selatan dan mendefinisikan kembali perbatasan antar-Korea.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here