Beranda Sains & Teknologi Apple Hapus VPN dari App Store atas Permintaan Rusia

Apple Hapus VPN dari App Store atas Permintaan Rusia

Apple telah menghapus beberapa aplikasi VPN dari App Store-nya di Rusia atas permintaan pengawas komunikasi pemerintah negara itu, menurut pembuat VPN.

0
492
Apple telah menghapus beberapa aplikasi VPN dari App Store-nya di Rusia atas permintaan pengawas komunikasi pemerintah negara itu, menurut pembuat VPN.

CARAPANDANG - Apple telah menghapus beberapa aplikasi VPN dari App Store-nya di Rusia atas permintaan pengawas komunikasi pemerintah negara itu, menurut pembuat VPN.

Pekan lalu, kantor berita Rusia Interfax melaporkan bahwa Apple telah menghapus 25 aplikasi VPN dari App Store-nya di Rusia setelah Roskomnadzor, badan pemerintah yang mengatur internet – termasuk apa yang dapat diakses oleh orang Rusia – menuntut penghapusan tersebut.

Internet di Rusia dikontrol dan disensor dengan ketat, sehingga pengguna online di Rusia sering kali mengandalkan VPN untuk menghindari pembatasan dan mengakses konten yang diblokir.

Pada Senin (8/7), dua layanan VPN – Le VPN dan Red Shield VPN – mengatakan kepada TechCrunch bahwa mereka menerima surat dari Apple yang memberi tahu tentang keputusan perusahaan untuk menghapus aplikasi mereka dari App Store.

“Kami menulis surat untuk memberi tahu Anda bahwa aplikasi Anda, sesuai permintaan Roskomnadzor, akan dihapus dari App Store Rusia karena berisi konten yang ilegal di Rusia, yang tidak mematuhi Pedoman Tinjauan Aplikasi,” bunyi surat yang dikirim ke Red Shield VPN oleh Apple, menurut tangkapan layar yang diberikan kepada TechCrunch oleh CEO dan pendiri perusahaan Vladislav Zdolnikov.

Sumber lain, yang mengaku mengenal beberapa pengembang aplikasi terlarang tersebut, memberikan surat yang sama kepada TechCrunch.

Surat tersebut pada dasarnya menyatakan bahwa aplikasi VPN tersebut melanggar hukum Rusia.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here