Beranda Umum Bandara IKN Beroperasi September 2024

Bandara IKN Beroperasi September 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dioperasikan pada September 2024.

0
315
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dioperasikan pada September 2024.

CARAPANDANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dioperasikan pada September 2024. Hal ini juga bertepatan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) pindah ke IKN. 

“Pada awal September 2024 bisa didarati. Tepat ketika Bapak Presiden Jokowi pindah ke IKN,” kata Budi dalam keterangannya, Senin (26/8/2024). 

Ia menargetkan, pembangunan runway 2.200-meter dapat rampung akhir Agustus 2024. Sebelumnya, ia bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah melakukan uji coba landasan Bandara Ibu Kota Nusantara.

“Ini semacam proving flight karena yang dibuat tidak hanya runway tapi jalur-jalur udaranya. Semua sudah didesain supaya tidak konflik dengan bandara di Balikpapan dan Samarinda," katanya, menjelaskan.

"Sehingga pada saat digunakan dengan frekuensi padat, di ruang udara sudah tidak terjadi konflik. Ini tentu saja yang harus menjadi perhatian utama," ujar Menhub. 

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Jokowi mulai pindah saat bandara IKN sudah beroperasi pada pekan pertama September. Berbagai sarana infrastruktur juga siap menyambut Kepala Negara di IKN. 

"Kalau nanti bandaranya ini beroperasi minggu pertama September, beliau (Presiden Jokowi) pindahan. Ini kan menjadi bagian dari program beliau," kata Basuki.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here