Beranda Edukasi Budayawan Ini Harap Prabowo Bentuk Kementerian Kebudayaan

Budayawan Ini Harap Prabowo Bentuk Kementerian Kebudayaan

Budayawan Butet Kartaredjasa berharap kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia terpilih periode 2024-2029, untuk membentuk Kementerian Kebudayaan.

0
290
Budayawan Butet Kartaredjasa berharap kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia terpilih periode 2024-2029, untuk membentuk Kementerian Kebudayaan.

CARAPANDANG - Budayawan Butet Kartaredjasa berharap kepada Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia terpilih periode 2024-2029, untuk membentuk Kementerian Kebudayaan. Kementerian ini  dilepaskan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Sejak dulu saya itu memperjuangkan supaya pendidikan dan kebudayaan itu terpisah (sebagai kementerian sendiri-sendiri). Karena itu dua hal yang ranah pengabadian sangat luas," katanya di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Bantul, Yogyakarta, Sabtu (12/10/2024).

Butet menyampaikan, pendidikan dan kebudayaan adalah dua ranah yang berbeda. Menurutnya, dua hal tersebut memiliki konsentrasi sendiri-sendiri.

"Pendidikan tersendiri karena ini berurusan dengan yang bersifat akademik, kebudayaan tentang cara hidup, cara hidup sebuah masyarakat. Kita adalah satu bangsa yang majemuk, yang setiap wilayah punya value, nilai-nilai tersendiri,jadi diurus Kementerian tersendiri" ujarnya.

Butet berpesan, jika pemerintah yang baru positif membentuk Kementerian Kebudayaan, maka sosok nakhodanya yang paham disektor itu."Saya gak tahu, pemerintah yang baru akan memisah itu apa gak, semoga menteri yang dipilih paham dengan budaya," katanya menambahkan.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here