Beranda Internasional Cara China Atasi Populasi Lansia

Cara China Atasi Populasi Lansia

China telah menerapkan strategi nasional yang proaktif dalam menanggapi populasi yang menua di negara itu

0
1,493
istimewa

CARAPANDANG - Wang Jumin (87) merupakan salah satu dari sekian banyak pensiunan China yang datang ke kota pesisir Weihai di Provinsi Shandong untuk menghabiskan masa tua mereka.

Dengan pertumbuhan populasi warga lanjut usia (lansia) yang pesat dan usia rata-rata harapan hidup yang mengesankan yakni 81,56 tahun, Weihai hadir sebagai contoh terdepan dalam perawatan lansia proaktif yang mengutamakan kesejahteraan dan dukungan bagi warga lansia.

"Institusi perawatan lansia di sini memiliki rumah sakit yang berada di dalam kompleksnya dan terhubung dengan jaringan asuransi kesehatan nasional. Integrasi ini memastikan bahwa kami dapat merasa tenang, mengetahui lokasi dokter berjarak sangat dekat, menyediakan kunjungan harian, dan konsultasi medis," ujar Wang.

Melalui sejumlah pendekatan yang inovatif seperti kemitraan pemerintah-swasta (KPS) dan bantuan pemerintah, kota itu telah membangun total 162 institusi perawatan lansia.

Data resmi menunjukkan bahwa populasi warga yang berusia 60 tahun ke atas di China mencapai 280 juta jiwa pada akhir 2022.

China telah menerapkan strategi nasional yang proaktif dalam menanggapi populasi yang menua di negara itu. Sejumlah inisiatif yang efektif telah diimplementasikan untuk mengatasi pergeseran demografis di negara tersebut yang ditandai oleh rendahnya tingkat kesuburan, populasi yang menua, dan variasi regional perihal pertumbuhan dan penurunan angka populasi.

LAYANAN YANG DITINGKATKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here