Beranda Umum Cara Melihat Gerhana Matahari Aman dan Nyaman

Cara Melihat Gerhana Matahari Aman dan Nyaman

Setiap gerhana matahari tiba, rata-rata orang selalu bersiap menikmati fenomena langka tersebut, namun, para ahli mengingatkan ada dampak buruk yang mesti dicegah

0
818
Istimewa

CARAPANDANG - Setiap gerhana matahari tiba, rata-rata orang selalu bersiap menikmati fenomena langka tersebut, namun, para ahli mengingatkan ada dampak buruk yang mesti dicegah agar mata tidak mengalami kerusakan yang serius.

Melansir Medical Daily, Senin (8/4), gerhana matahari terjadi ketika bulan bergerak antara bumi dan matahari sehingga menghalangi sinar matahari untuk sementara waktu.

Jika mata kita melihat langsung gerhana tanpa adanya proteksi yang kuat, gerhana dapat menyebabkan seseorang terkena retinopati matahari atau kondisi ketika sinar ultraviolet (UV) matahari merusak secara permanen jaringan retina sensitif pada mata.

Retinopati ini bisa terjadi hanya dalam kurun waktu 100 detik. Akibatnya, penderita mengalami gejala berupa penglihatan kabur, munculnya bintik-bintik gelap atau kuning, ketidaknyamanan dalam cahaya terang, dan penurunan penglihatan sentral ringan hingga sedang.

Sayangnya, kerusakan yang disebabkan oleh retinopati surya belum ada pengobatan atau terapi yang efektif menyembuhkan kerusakan mata sangat tinggi pada anak-anak.

American Academy of Ophthalmology menilai masyarakat butuh mempersiapkan sejumlah hal ketika menyaksikan gerhana matahari, misalnya seperti menyediakan kacamata khusus yang berwarna hitam.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here