Beranda Bengkulu Dinkes Bengkulu: Tercatat 139 Kasus DBD di Bengkulu

Dinkes Bengkulu: Tercatat 139 Kasus DBD di Bengkulu

Dinkes Kota Bengkulu mencatat sejak Januari 2024 hingga saat ini kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah tersebut mencapai 139 kasus

0
499
Istimewa

CARAPANDANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mencatat sejak Januari 2024 hingga saat ini kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah tersebut mencapai 139 kasus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani, di Bengkulu, Selasa, menyebutkan sebanyak 139 kasus DBD di Kota Bengkulu itu terdiri atas 11 kasus pada Januari, 34 kasus pada Februari, dan 94 kasus pada Maret.

"Kasus DBD di Kota Bengkulu cukup memprihatinkan karena dari bulan ke bulan mengalami peningkatan," katanya.

Menurut dia, peningkatan kasus DBD di Kota Bengkulu disebabkan faktor cuaca yang pada siang hari terasa panas sedangkan malam hari turun hujan.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan segera melaporkan apabila ada keluarga yang terkena DBD ke fasilitas kesehatan dengan menyertakan bukti hasil laboratorium dari rumah sakit.

Hal tersebut dilakukan agar petugas kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut di sekitar lokasi.

"Jika kita melakukan pengasapan tanpa adanya pemberantasan terhadap lokasi sarang jentik maka tidak ada gunanya. Sehingga kita melakukan pemusnahan dari jentik nyamuk dengan menjaga kebersihan lingkungan," ujar dia.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here