Beranda Umum Haedar Nashir Ajak Segenap Warga Bangsa Refleksi Dalam Momentum HUT Ke-79 RI

Haedar Nashir Ajak Segenap Warga Bangsa Refleksi Dalam Momentum HUT Ke-79 RI

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak segenap warga bangsa untuk sama-sama melakukan refleksi dalam momentum HUT Ke-79 RI.

0
485
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak segenap warga bangsa untuk sama-sama melakukan refleksi dalam momentum HUT Ke-79 RI.

CARAPANDANG - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak segenap warga bangsa untuk sama-sama melakukan refleksi dalam momentum HUT Ke-79 RI. Ini dengan merayakan kemerdekaan dengan rasa gembira sebagai ekspresi kesyukuran atas karunia Tuhan yang sangat berharga.

Namun, kata dia, kegembiraan mesti disertai penghayatan akan makna merdeka dan nilai-nilai dasar yang menjadi nyawa Indonesia. Agar kegembiraan itu tidak bersifat lahiriah semata, apalagi berubah menjadi pestapora.

"Apakah Pancasila saat ini benar-benar dijadikan ruh, jiwa, atau nyawa dalam penyelenggaran dan kebijakan membangun Negara Republik Indonesia. Apakah seluruh warga dan pemimpin Indonesia senantiasa berpikir, bersikap, dan bertindak di atas landasan nilai utama Pancasila, Pancasila tidak menjadi jargon dan kata-kata belaka," kata Haedar dalam keterangannya, Jumat (16/8/2024). 

Haedar mengatakan Pancasila niscaya menjadi praktik hidup berbangsa dan bernegara yang luhur dan utama. Wujudkan dan praktikkan Pancasila dalam kehidupan politik, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan kebijakan-kebijakan publik secara nyata. 

"Kekuasaan dalam pemerintahan negara di eksekutif, legislatif, yudikatif, dan lembaga-lembaga bentukan pemerintahan lainnya haruslah berdiri tegak di atas nilai dasar Pancasila dan konstitusi Indonesia. Agama dan kebudayaan menjadi nilai  luhur yang membentuk dasar moral dan etika berindonesia," ujarnya. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here