Beranda Ekonomi Harga Emas Bikin Was-Was, Pemiliknya Harus Tetap Waspada

Harga Emas Bikin Was-Was, Pemiliknya Harus Tetap Waspada

Berdasarkan harga emas dunia di pasar spot pada Kamis (3/10/2024) tercatat US$2.655,89 per troy ons, turun tipis 0,07% dibandingkan posisi sebelumnya.

0
443
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Harga emas stabil karena permintaan sebagai aset safe haven dari meningkatnya ketegangan di Timur Tengah mengimbangi tekanan dari penguatan dolar setelah investor mengurangi ekspektasi pemotongan suku bunga besar lainnya dari bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve atau The Fed.

Berdasarkan harga emas dunia di pasar spot pada Kamis (3/10/2024) tercatat US$2.655,89 per troy ons, turun tipis 0,07% dibandingkan posisi sebelumnya.

Indeks dolar AS (DXY), yang mengukur kekuatan greenback dibandingkan mata uang utama lainnya, menguat tajam sejak akhir September. Pada perdagangan terakhir, Kamis (3/10/2024) DXY menguat 0,25% ke 101,93. 

Saat DXY meningkat membuat emas menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. 

"Ada semacam keseimbangan antara faktor-faktor seperti ketegangan geopolitik dan perubahan ekspektasi kebijakan moneter yang menyebabkan kenaikan dolar," kata Peter A. Grant, wakil presiden dan ahli strategi logam senior di Zaner Metals.

Militer Israel mendesak penduduk lebih dari 20 kota di Lebanon selatan untuk segera mengungsi di tengah serangan yang sedang berlangsung, setelah mengalami kerugian terburuk dalam setahun akibat pertempuran dengan Hizbullah.

Seiring meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, pasar tampaknya mulai mengurangi ekspektasi pemotongan suku bunga besar pada November, kata Grant.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here