Beranda Ekonomi Inflasi Zona Euro Turun di Bawah Target ECB Sebesar 2 Persen pada September 2024

Inflasi Zona Euro Turun di Bawah Target ECB Sebesar 2 Persen pada September 2024

Foto yang diabadikan pada 27 Juli 2023 ini menunjukkan logo Euro di Frankfurt, Jerman. (Xinhua/Zhang Fan)

0
520
Xinhua

Ini menandai kali pertama dalam tiga tahun terakhir angka inflasi di zona euro berada di bawah target Bank Sentral Eropa.

 

CARAPANDANG.COM, BRUSSEL, 1 Oktober (Xinhua) -- Tingkat inflasi tahunan zona euro diproyeksikan turun menjadi 1,8 persen pada September 2024, turun dari 2,2 persen yang tercatat pada Agustus, menurut proyeksi awal yang dirilis oleh Eurostat pada Selasa (1/10). Ini menandai kali pertama dalam tiga tahun terakhir angka inflasi turun di bawah target Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB).

   

Harga-harga jasa mencatat kenaikan sebesar 4 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada September, turun tipis dari 4,1 persen pada Agustus. Tingkat inflasi untuk makanan, alkohol, dan tembakau naik tipis dari 2,3 persen pada Agustus menjadi 2,4 persen pada September. Sementara itu, tingkat inflasi untuk barang-barang industri nonenergi tetap stabil di level 0,4 persen. Di sisi lain, harga energi terus menyusut, dengan laju penurunan semakin dalam dari -0,3 persen pada Agustus menjadi -0,6 persen pada September.

   

Di antara negara-negara zona euro, Belgia mencatat tingkat inflasi tertinggi, yakni sebesar 4,5 persen (yoy), naik dari 4,3 persen yang tercatat pada Agustus. Sebaliknya, Irlandia melaporkan tingkat inflasi terendah sebesar 0,2 persen, menandai penurunan signifikan dari 1,1 persen pada bulan sebelumnya.


Botol-botol wine dipajang di sebuah pasar swalayan di Brussel, Belgia, pada 31 Mei 2024. (Xinhua/Zhao Dingzhe)

   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here