Beranda Riau IPAL Kota Pekanbaru Ditargetkan Rampung Agustus 2023

IPAL Kota Pekanbaru Ditargetkan Rampung Agustus 2023

IPAL yang ditargetkan rampung Agustus 2023 ini merupakan tahap akhir program program Metropolitan Sanitation Management Investment Project

0
1,498
istimewa

CARAPANDANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya tengah merampungkan pembangunan Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk meningkatkan kualitas pelayanan sanitasi di Kota Pekanbaru. IPAL yang ditargetkan rampung Agustus 2023 ini merupakan tahap akhir program program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP) Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk menjadikan Kota Pekanbaru yang sehat dan bersih.

Direktur Sanitasi Ditjen Cipta Karya Tanozisochi Lase mengatakan pembangunan IPAL Kota Pekanbaru menggunakan menggunakan Fixed-Bed Biofilm Activated Sludge (FBAS), yaitu proses pengolahan air limbah dengan media bakteri berupa akar tanaman dan akar artifisial (biomodule). “IPAL Kota Pekanbaru ini menggunakan teknologi Fixed-Bed Biofilm Activated Sludge atau disingkat FBAS dimana media berupa akar tanaman dan biomodule yang berfungsi sebagai tempat berkembang biaknya mikro organisme yang akan menguraikan air limbah sebelum dialirkan ke Sungai Siak. Teknologi ini nantinya akan men­yerupai taman dan dilengkapi unit peredam bau. Sehingga masyarakat disekitar IPAL tidak akan terganggu oleh bau yang dihasilkan” jelas Tanozisochi saat mendampingi kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi V DPR RI ke lokasi IPAL Kota Pekanbaru, Jumat (14/07/23).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here