Beranda Internasional Jepang Dapat Peringatan Peluncuran Misil oleh Korut

Jepang Dapat Peringatan Peluncuran Misil oleh Korut

 Pemerintah Jepang pada Selasa mengatakan mendapat pemberitahuan bahwa Korea Utara berniat meluncurkan "satelit pengintai militer"

0
1,234

CARAPANDANG - Pemerintah Jepang pada Selasa mengatakan mendapat pemberitahuan bahwa Korea Utara berniat meluncurkan "satelit pengintai militer" antara Kamis dan 31 Agustus yang diyakini sebagai percobaan ulang atas uji coba yang gagal pada 31 Mei lalu.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memerintahkan badan pemerintah terkait untuk menganalisa rencana Korut sebanyak mungkin dan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk mendesak Pyongyang agar tidak melakukan peluncuran tersebut.

Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa Jepang memandang peluncuran roket dengan satelit oleh Korut setara dengan menembakkan rudal balistik, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan mengakibatkan penerapan sanksi terhadap Pyongyang.

Penjaga Pantai Jepang mengatakan mendapat pemberitahuan pada Selasa dini hari bahwa Korut akan menetapkan tiga zona bahaya maritim dua diantaranya adalah bagian barat Semenanjung Korea, sementara yang ketiga ada bagian timur pulau Luzon, Filipina.

Ketiga area berada di luar zona ekonomi eksklusif Jepang. Pemberitahuan muncul setelah para pemimpin Jepang, AS dan Korsel menyetujui peningkatan kerja sama dalam melawan perkembangan pesat kemampuan nuklir dan rudal Korut dalam konferensi trilateral dekat Washington pada Jumat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here