Beranda Internasional Joe Biden: Ukraina Harus Penuhi Standar Untuk Gabung NATO

Joe Biden: Ukraina Harus Penuhi Standar Untuk Gabung NATO

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan Amerika Serikat tidak akan membuat pengaturan khusus bagi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, meskipun ada invasi Rusia.

0
1,755
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan Amerika Serikat tidak akan membuat pengaturan khusus bagi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, meskipun ada invasi Rusia.

CARAPANDANG - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan Amerika Serikat tidak akan membuat pengaturan khusus bagi Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, meskipun ada invasi Rusia.

"Mereka Ukraina harus memenuhi standar yang sama. Jadi kami tidak akan mempermudahnya," kata presiden AS Joe Biden kepada para wartawan di dekat Washington, dikutip dari CNA pada Sabtu (17/6/2023).

Komentar tersebut dilontarkan Joe Biden sebelum para pemimpin NATO akan bertemu di Lithuania bulan depan.

Dalam sebuah langkah simbolis, para pemimpin aliansi bertujuan untuk mengadakan sesi pertama Dewan NATOUkraina dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di ibukota Lithuania. Hal itu dipaparkan Vilnius, kepala aliansi Jens Stoltenberg mengatakan di Brussels, Jumat (16/6/2023).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan pertemuan ini akan memberikan Kyiv kursi yang lebih setara di meja "untuk berkonsultasi dan memutuskan masalah keamanan".

Namun, Stoltenberg menambahkan, meskipun NATO akan mempererat hubungan politik dengan Ukraina pada pertemuan tersebut, tidak akan ada pembicaraan mengenai keanggotaan Ukraina.

"Kami tidak akan membahas undangan pada KTT Vilnius, tetapi bagaimana kami dapat membawa Ukraina lebih dekat ke NATO. Saya yakin bahwa kita akan menemukan solusi dan konsensus yang baik," kata Stoltenberg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here