Beranda Umum Kemendikbudristek: Kaum Muda Berperan Menjaga Keragaman Budaya

Kemendikbudristek: Kaum Muda Berperan Menjaga Keragaman Budaya

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Restu Gunawan mengatakan, kaum muda memiliki potensi dan peran dalam menjaga keragaman budaya.

0
1,174

CARAPANDANG - Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Restu Gunawan mengatakan, kaum muda memiliki potensi dan peran dalam menjaga keragaman budaya.

"Kaum muda Indonesia memiliki potensi yang dapat mempercepat proses pemajuan kebudayaan Indonesia dan menjaga keragamannya," ujarnya saat menghadiri kegiatan Residensi Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM)  2023 di Manggar, Belitung Timur, Rabu.

Ia menjelaskan, KBKM 2023 merupakan kegiatan inkubasi ide kaum muda dalam gotong royong pemajuan kebudayaan melalui bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu rekayasa, matematika dan seni.

"Kegiatan KBKM ini terintegrasi dengan program merdeka belajar kampus melalui magang dan studi independen bersertifikat," ujarnya usai acara pembukaan KBKM yang digelar pada 11 Oktober hingga 11 November 2023 itu. Peserta KBKM sebanyak 100 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan diterjunkan pada 11 desa di Belitung Timur.

Restu mengatakan, KBKM di Belitung Timur ini sebagai kontribusi kalangan muda atau pelajar dalam mewujudkan ruang konkrit untuk interaksi antarbudaya berdasarkan keragaman budaya Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada Bupati Belitung Timur Burhanudin yang sudah memberikan izin anak-anak kami menjalankan KBKM, tentu kegiatan ini sangat penting untuk memberikan wawasan kepada generasi muda dalam merdeka belajar," ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here