Beranda Internasional Korban Jiwa Akibat Gempa di Maroko Bertambah 1.037 Orang

Korban Jiwa Akibat Gempa di Maroko Bertambah 1.037 Orang

Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Maroko pada Jumat (8/9) malam waktu setempat bertambah menjadi 1.037 orang

0
1,050
Istimewa

CARAPANDANG - Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang melanda Maroko pada Jumat (8/9) malam waktu setempat bertambah menjadi 1.037 orang, kata Kementerian Dalam Negeri Maroko pada Sabtu (9/9).

Gempa itu juga telah menyebabkan sedikitnya 1.204 orang terluka, menurut informasi terbaru dari kementerian tersebut.

Gempa bermagnitudo 6,8 menghantam Maroko pada Jumat pukul 23.11 waktu setempat (Sabtu pukul 05.11 WIB) pada kedalaman 18,5 km, kata Survei Geologi AS (US Geological Survey).

Pusat gempa berada di dekat Kota Ighil di Provinsi Al Haouz, sekitar 70 km sebelah barat daya Marrakesh.

Gempa bumi terasa di banyak kota di Maroko, termasuk Rabat dan Casablanca. Banyak rumah yang runtuh di kota Taroudant dan Marrakesh, menurut laporan media setempat.

Gempa merusak banyak bangunan di kota tua Marrakesh, kota besar terdekat dari pusat gempa, dan banyak warga yang harus bermalam di tempat terbuka karena takut akan adanya gempa susulan, ujar Zhang Kai, seorang perantau asal China yang tinggal di Marrakesh.

Koresponden Xinhua di Ouarzazate, sekitar 190 kilometer sebelah tenggara Marrakesh, menyaksikan para warga berlindung di tempat terbuka usai gempa.

"Sebelumnya memang pernah terjadi gempa bumi, tetapi tidak ada yang sedahsyat ini," kata seorang warga di Ouarzazate yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dalam perjalanan dari Ouarzazate menuju pusat gempa, bebatuan dan reruntuhan dari pegunungan dan bangunan terlihat berserakan di sepanjang jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here