Beranda Umum KPK Apresiasi Kinerja Kemensos Terkait Data Bansos Berbasis NIK

KPK Apresiasi Kinerja Kemensos Terkait Data Bansos Berbasis NIK

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK atau Pahala Nainggolan mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) terkait data bantuan sosial berbasis nomer induk kendaraan (NIK)

0
1,495

CARAPANDANG - Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK atau Pahala Nainggolan mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) terkait data bantuan sosial berbasis nomer induk kendaraan (NIK).

Menurut dia, dari 76 Kementerian/Lembaga, Kemensos memiliki capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang baik dengan utilisasi nomor induk kependudukan (NIK).

“Kemensos telah memanfaatkan data kependudukan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) agar efektif dan tepat sasaran.

Kemensos, menurut kami, capaiannya bagus,” kata Pahala seperti dikutip dari siaran pers diterima, Kamis (15/6/2023).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Koordinator Pelaksana Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) ini, model kerja Stranas PK adalah penetapan rencana aksi dan Kemensos dianggap memiliki capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang baik dengan utilisasi nomor induk kependudukan (NIK).

“Kemensos melakukan langkah nyata memanfaatkan data kependudukan untuk efektivitas dan efisiensi kebijakan sektoral tahun 2021-2022.

Ini penghargaan atas kementerian yang berkontribusi aktif dan responsif terhadap rencana aksi,” bangga Pahala.

“Rencana aksi yang dilakukan Kemensos adalah utilisasi atau penggunaan NIK,” tandas Pahala.

Diketahui, skor KPK kepada Kemensos untuk penyaluran bansos sebesar 98 dan 100 untuk Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here