Beranda Politik KPU Siapkan Surat Suara Ramah Disabilitas

KPU Siapkan Surat Suara Ramah Disabilitas

Braille template merupakan surat suara yang sudah disesuaikan untuk penyandang disabilitas.

0
163
Braille template merupakan surat suara yang sudah disesuaikan untuk penyandang disabilitas.

CARAPANDANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mengapresiasi salah satu penyedia logistik pilkada 2024, di Kota Surabaya, Jawa Timur. Saat mengunjungi PT. Impera Indonesia, Ketua KPU, Mochammad Afifudin menyatakan, percetakan itu membuat surat suara braille template.

"Kita tadi melihat contoh braille template, alat bantu untuk teman-teman disabilitas netra. Ini yang nanti akan ada di setiap TPS," kata Afifudin, Kamis (17/10/2024).

Menurut Afifudin, tidak banyak penyedia logistik pilkada, mampu membuat braille template. Oleh karenanya, produksi salah satu percetakan ini, merupakan hal yang menggembirakan.

"Ini sangat membantu teman-teman disabilitas. Sehingga kami memastikan ke seluruh jajaran, untuk penyediaan logistik harus menyertakan braille template" ujarnya.

Braille template merupakan surat suara yang sudah disesuaikan untuk penyandang disabilitas. Secara umum bentuknya serupa dengan surat suara pada umumnya, namun memiliki template sehingga bisa dibaca menggunakan huruf braille.

Dalam supervisi tersebut, Ketua KPU, Mochammad Afifudin menemukan, proses pencetakan logistik pilkada secara nasional. Di mana sudah melewati 50 persen.

"Progresnya pasti kita akan ikuti terus. Karena masih ada 40an hari ya, masih ada waktu," ucapnya. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here