Beranda Internasional Lagi! Menteri Ukraina Mengundurkan Diri, Kenapa?

Lagi! Menteri Ukraina Mengundurkan Diri, Kenapa?

Dilansir Associated Press, Kuleba, yang berusia 43 tahun, tidak memberikan alasan atas pengunduran dirinya. Sejumlah menteri lainnya juga mengajukan pengunduran diri mereka pada Selasa malam, kemungkinan menjadikan perombakan ini sebagai yang terbesar sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

0
391
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, yang dikenal sebagai salah satu tokoh paling dikenal di panggung internasional, mengundurkan diri pada Rabu (4/9/2024) di tengah perombakan kabinet besar-besaran yang diharapkan dalam pemerintahan Ukraina.

Dilansir Associated Press, Kuleba, yang berusia 43 tahun, tidak memberikan alasan atas pengunduran dirinya. Sejumlah menteri lainnya juga mengajukan pengunduran diri mereka pada Selasa malam, kemungkinan menjadikan perombakan ini sebagai yang terbesar sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengindikasikan minggu lalu bahwa perombakan kabinet akan segera terjadi, dengan perang yang memasuki tahap kritis dan menjelang hari ke-1.000 sejak dimulainya invasi pada bulan November mendatang.

Zelensky menyatakan pada Rabu bahwa Ukraina membutuhkan "energi baru, termasuk dalam diplomasi." Namun, ia mengatakan belum bisa mengumumkan pengganti Kuleba karena belum tahu apakah para calon akan menerima undangannya untuk bergabung dengan pemerintahan.

Sehari sebelumnya, menteri Ukraina yang bertanggung jawab atas produksi senjata, serta empat menteri lainnya mengundurkan diri. Pengunduran diri para menteri ini menjadi guncangan besar bagi pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky, di tengah perang dengan Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here