Beranda Internasional Malaysia Tertarik Gabung BRICS, China Sambut Baik

Malaysia Tertarik Gabung BRICS, China Sambut Baik

China menyambut baik pengajuan permohonan Malaysia untuk bergabung dalam kelompok negara lintas benua BRICS.

0
314
China menyambut baik pengajuan permohonan Malaysia untuk bergabung dalam kelompok negara lintas benua BRICS.

CARAPANDANG - China menyambut baik pengajuan permohonan Malaysia untuk bergabung dalam kelompok negara lintas benua BRICS.

"Kami menyambut lebih banyak mitra yang berpikiran sama untuk bergabung dalam kerja sama BRICS dan bekerja sama untuk menjadikan tatanan internasional lebih adil dan setara," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian dalam konferensi pers di Beijing, China pada Senin.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim pada Minggu (28/7) mengatakan bahwa Malaysia telah mengirimkan permohonan kepada Rusia untuk bergabung dengan organisasi antarpemerintah BRICS.

Rusia adalah ketua organisasi yang namanya adalah akronim negara anggota awal yaitu Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. PM Anwar mengatakan keinginan Malaysia untuk bergabung dengan organisasi BRICS adalah inti utama dari diskusinya dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov yang berkunjung ke Kompleks Seri Perdana, Minggu.

"Pengembangan dan perluasan mekanisme BRICS mencerminkan tren zaman, melayani kepentingan negara-negara terkait dan memberikan kekuatan pendorong yang kuat bagi multipolaritas di dunia dan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional," tambah Lin Jian.

Itulah sebabnya, menurut Lin Jian, semakin banyak negara berkembang dan pasar yang berkembang seperti Malaysia, menunjukkan minat yang besar terhadap BRICS dan telah menyatakan pengakuan dan harapan untuk bergabung dengan kelompok tersebut.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here